Selasa, 03 Januari 2012

Mengatasi Problem Speaker Ponsel

 Mungkin jarang sekali anda mengalami kerusakan pada speaker pada ponsel.Masalah ini memang ringan dan mudah di atasi,akan tetapi jika pengguna tidak mengerti masalah ponnsel maka masalah ini akan menjadi masalah yang sangat serius.Apalagi fungsi ponsel yang anda gunakan lebih banyak untuk bertelepon.Jika ada problem dengan pengiriman atau penerimaan suara,tentu bisa membuat hari-hari anda kelabu.
Ponsel yang mengalami kerusakan pada speaker memiliki tanda sebagai berikut :
1.Suara yang dihasilkan pada speaker ponsel tersebut terdengan kecil sekali.
2.Pada saat menerima telepon,anda tidak bisa mendengar suara lawan bicara,hal ini akan merepotkan jika terjadi pada saat yang kurang tepat,misalnya membicarakan urusan pekerjaan atau kondisi darurat.
  Sebelum melakukan perbaikan dengan membongkar ponsel,alangkah baiknya melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1.bukalah menu pada ponnsel,pilih menu setting atau set up.periksalah volume pada ponsel,mungkin sebelumnya volume dimatikan sehingga tidakada suara yang dihasilkan.
2.Pada ponseltipe baru bukalah menu dan aktifkan profile general/umum dan tekan tombol pilih,lalu masuk ke personalisasi dan maksimalka volumenya.
3.Pastikan bahwa tombpl ON/OFF volume dalam keadaan baik.
   Bila hal di atas sudah dilakukan tetapi ponsel masih tetap tidak terdengar suara pada speakernya,maka harus berani melakukan pembongkaran pada ponsel.Lamgkah yang harus dilakukan dalam perbaikan pada speakernya adalah sebagai berikut :
1.Bukalah cashing penutup ponsel dan buka juga seluruh baut yang ada pada ponsel tersebut dengan menggunakan obeng khusus untuk membukan ponsel menurut tipe atau merk ponselnya.
2.Setelah semua bagian ponsel terpisah,lihat pada bagian atas ponsel.Pada bagian tersebut terdapat sebuah komponen berbentuk lingkaran,biasanya berwarna hitam dan memiliki 2 kaki konektor yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan speakerphone dengan ponsel.Bila ponsel sudah lama dipakai maka bagian itu biasanya kotor terkena debu atau berkarat yang menyebabkan speakernya mati.
Hal itu biasanya terjadi karena arus listriknya tidak mengalir dengan sempurna ke speakerphone.
3.bersihkan bagian titik konektor speaker pada PCB dengan penghapus kakret atau cutter dengan menggosok searah dan pastikan jangan sampai merusak bagian yang menghubungkan konektor dengan ponsel.
4.Tarik kaki konektor speaker sedikit ke atas perlahan-lahan jangan sampai lepas atau patah,hal ini untuk memastikan kaki konektor benar-benar melekat sempurna pada bagian mesin ponsel sehingga arus listrik mengalir sempurna dan suara pada speaker kembali keluar.
Akan tetapi jika speaker rusak atau mati ,maka harus diganti dengan yang baru sesuai dengan jenis tipe ponselnya.Untuk mengecek apaka speakernya tersebut mati atau masih baik maka harus menggunakan alat multitester.
Apabila speakernya masih bagus,namun tidak berfungsi,coba periksa jalur dari mic dan spaeker ke IC audio,mungkin ada jalur yang putus dan perlu disambung kembali.Apabila saluran listrik masih tersambung dan tidak ada kerusakan ,maka panaskan kaki IC audio dengan solder uap.Hal ini untuk memastikan kaki IC audio masih menempel dengan baik.Jika audio bermasalah,harus segera diganti.Kerusakan pada IC audio dapat menyebabkan speaker dan microphone tidak berfungnsi,contact service(karena IMEI tidak terdeteksi CPU dan tidak ada sinyal).Demikian tips singkat untuk mengatasi problem speaker.Semoga bermanfaat..

2 komentar: