Jumat, 02 Desember 2011

Hati-Hati Mengorek Telinga

  Saat telinga kita terasa gatal.tentu saja kita akan segera mengoreknya dengan cotton bud atau dengan kuku.ternyata cara ini salah,telinga kita bisa infeksi dan jika terkena infeksi bisa timbul berbagai penyakit.
-seringkali telinga memang mengeluarkan kotoran ataupun timbul rasa gatal.sebenarnya, kamu tidak perlu membersihkan kotoran ditelinga.karena telinga sudah dirancang untuk menahan kotoran yang masuk.
-Didepan laing telinga ada kelenjar rambut yang berfungsi mengahalau kotoran bersama minyak yang dihasilkan telinga.dengan begitu debu atau serangga tidak bisa masuk.
-Di liang itu juga diproduksi getah telinga yang bernama serumen.Bentuknya seperti getah,serumen inilah yang akan menangkap kotoran sekaligus membersihkannya.
-kalau serumen terlalu dibersihkan dari telinga justru merugikan.Karena Serumen bertugas mengeluarkan minyak dan mendororng kotoran sampai keliang telinga.kotoran itu akan hilang sendirinya dan menguap karena panas.

Bagaimana Sebaiknya Membersihkan Telinga :
-jika kita mengorek telinga, justru mendorong serumen kecelah sempit pada bagian dalam telinga, tempat dimana serumen tidak terbentuk.Akibatnya serumen akan terjebak hingga menyebabkan sumbatan pada lubang telinga.Sumbatan tersebut akan menghalangi hantaran gelombang suara kegendnang telinga membuat pendengaran akan berkurang.
-Mengorek terlalu keras atau dalam bisa mengakibatkan luka.Dinding telinga pun akanmudah berdarah. Lebih parahnya, mengorek telinga juga bisa membuat kolaps bahkan kematian.
-Untuk mengeluarkan kotoran telinga, para dokter menganjurkan tidak menggunakan cotton bud atau korek kuping, bila tidak berhati-hati bisa jadi gendang telinga akan terluka danmengakibatkan ketulian atau rusaknya pendengaran secara permanen.
-Supaya lebih aman lebih baik kamu kedokter terTHT(Telinga Hidung Tenggorokan).Kotoran yang menyumbat,dikeluarkan dengan alat sedot,Kalau mengorek telinga boleh asal jangan terlalu dalam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar