Selasa, 06 Desember 2011

Kenali Serba-Serbi Menstruasi

   Menstruasi merupakan siklus bulanan yang di alami wanita.Biasanya,tak jarang kehadirannya dibarengi dengan rasa nyeri yang menyakitkan.Kenali serba-serbi Menstruasi.
   Meski terkadang kehadirannya bulanan,namun menstruasi yang sering dibarengi dengan rasa nyeri selalu menyerang wanita.Hal ini dikarenakan adanya penumpukan lapisan rahim setiap bulan dan akan dialami wanita dalam sebagian hidupnya.
Dengan keadaan tersebut,biasanya wanita menjadi tidak nyaman.Meski demikian ini adalah tanda bahwa sistem reproduksi anda bekerja dengan sempurna dan merupakan tanda kesehatan yang baik.
   Walau semua wanita mengalaminya,tidak semua orang memiliki periode dan durasi yang sama satu sama lain.Ada yang mengalami 3hari,5hari hingga seminggu.Gejala yang mereka alami menjelang mestruasi pun sedianya berbeda satu sama lain.Ada yang ringan dan ada juga yang berat.Ulasan secara Umumnya.

-Premenstrual Syndrom(PMS)
 Hal ini mengacu pada serangkaian gejala bahwa wanita mengalaminya sebelum periode menstruasi terjadi.Biasanya ditandai dengan keinginan makan.sakit kepala,dan mood yang tidak seimbang(naik turun).Cara terbaik unutk menghindarinya adalah menjalankan diet seimbang dengan makan sayuran dan buah-buahan.Cobalah untuk mengurangi asupan garam sehingga membuat tubuh dapat menahan air dan membuatnya tidak kembung.


-Menstruasi Yang Menyakitkan(Dysmenorrhea)
 Hal ini akan mengacu pada sebuah kondisi yang ditandai dengan kram parah didaerah abdomin,nyeri punggung bawah,mual,muntah dan kelelahan.Kemungkinan besar hal ini dikarenakan bahan kimia yang dihasilkan tubuh membuat otot-otot rahim berkontraksi.BIasanya kram akan bertahan beberapa hari.Cara untuk Mengatasinya adalah melalukan latihan secara ringan.Rendam tubuh anda dalam air hangat atau mengompres perut dengan botol yang diisi air hangat untuk melenturkan otot.


-Siklus Tidak Teratur (Amenorrhea)
 Tidak hanya keteraturan dalam siklus biasanya dikarenakan olahraga berlebihan atau kelainan genetik atau fisik.Ada sekiranya 5-25 persen wanita yang berprofesisebagai atlet dan bekerja keras membuat periode menstruasi mereka berhenti.Disebut amenore karena fenomena ini sangat umum dikalangan penari balet dan penari.


-Siklus Tinggi (Menorrhagia)
 Periode ini dikarenankan ketidakseimbangan hormon.Ketika ada pendarahan berlebihan seorang wanita akan kehilangan zat besi.Kondisi ini akan menyebabkan dia menjadi terserang anemia.Tanda-tanda anemia termasuk di dalamnya sesak nafas.kulit pucat luar biasa,dan kelelahan.


-Pendarahan Miss V Yang Tidak Biasa
 Jika anda mengalami ketika siklus menstruasi terjadi,sebaiknya segera periksa lebih lanjut.penyebabnya bisa dikarenakan adanya iritasi di daerah miss V atau 
kanker.Kunjungi dokter sesegera mungkin untuk mengetahi lebih lanjut hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar