Rabu, 07 Desember 2011

Seledri, Pembersih Ginjal Alami

  Seledri merupakan tanaman yang bernama latin Apium graveolens ini memang telah dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan.Tak hanya daunnya yang memiliki khasiat,akar,buah dan biji seledri pun dapat digunakan sebagai obat.
Berdasarkan penelitian tanaman keluarga Apiaceae itu mengandung natrium yang befungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi.Seledri juga mengandung magnesium yang berfungsi menghilangkan stres.Daun seledri mengandung protein,belerang,kalsium.besi,fosfor.vitamin A,B1 dan C.Tingginya kadar sodium dalam seledri sangat berguna untuk menjaga ketahanan tubuh.

Berikut ini ramuan seledri dan manfaatnya bagi kesehatan :
  -Menyuburkan Rambut
Cuci bersih tangkai daun seleldri sampai bersih.lalu tumbuk sampai halus.Setelah dikeramas,gosokkan tumbukkan daun seledri kekulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan.Setelah selesai,bungkus rambut dengan handuk selama kurang lebih 1jam.Bilas rambut dengan air bersih.Lakukan seminggu sekali.
 -Menurunkan Kolesterol
Cuci 30gram akar seledri sampai bersih,lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas.Setelah air dingin lalu disaring dan diminum.Resep ini juga bisa untuk meredakan batuk.Resep kedua,ambil 16 batang seledri,dicuci dan direbus dengan air bersih sebanyak 2 gelas minum.Rebuslah hingga tinggal 3/4 bagian.Hasil rebusan tersebut diminum untuk sehari.masing-masing setengah bagiannya.
 -Mengatasi Alergi
Ambil 2 batang seledri,3buah wortel ukuran sedang dan 1 buah umbi bit ukuran sedang,semua dicuci bersih lalu dibuat jus.Minum jus tersebut sekaligus waktu perut kosong.Lakukan 2kali sehari.
 -Mengurangi Kolik Dan Sakit Perut
Sediakan 60gram seledri segar.1ruas jari tangan jahe merah,dan sepotong gula aren.rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas.Setelah dingin disaring.airnya diminum sekaligus.
 -Mengobati Bronkitis
Cuci 60gram seledri segar,10gram kulit jeruk mandarin kering,dan 25gram gula aren hingga bersih.Setelah dipotong-potong,masukkan kedalam panci,tambahkan 3 gelas air bersih dan rebus hingga tersisa setengahnya.Setelah dingin,saring dan airnya dibagi untuk dua kali minum,pagi dan sore.
 -Membersihkan Ginjal
Ambil seikat daun seledri dan cuci sampai bersih.Kemudian potong kecil-kecil dan masukkan kedalam panci berisi air.Rebus selama sepuluh menit dan dinginkan.Kemudian saring,masukkan kedalam botol yang bersih dan masukkan kulkas.Minum setiap hari dan anda akan melihat bahwa semua garam dan racun yang menumpuk akan keluar melalui air seni.
 -Mengobati Rematik
Potong 1 genggam daun batang seledri kecil-kecil.lalu rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin,saring dan air saringannya diminum sekaligus.Resep kedua,rebus 2 sendok makan biji seledri dalam 2 liter air selama 3jam dengan api kecil.Minum air rebusannya selagi panas sebanyak 1 cangkir sehari 3-4 kali.resep ketiga,iris 1 buah bonggol seledri tipis-tipis.Seduh dengan 3 cangkir air panas.Lalu minum ramuan ini sebagai teh.
 -Mengurangi Wajah Berminyak
Gunakan 3 batang seledri.Dicuci kemudian di iris kecil-kecil,seduh dan tutupi.Biarkan dingin.lalu disimpan dilemari es.Menjelang tidur malam,oleskan sari seledri ke wajah yang sudah bersih.Setelah kering,bilas muka hingga bersih.Lakukan dengan teratur
 -Mengobati Hipertensi
Ambil 20 tangkai seledri dicuci dan dilumatkan.kemudian diberi sedikit air masak lalu peras.Minum airnya dua sendok makan 3 kali sehari.Lakukan dengan teratur selama 3 hati.Hasil rebusan itu diminum separuh pagi dan separuh malam.

4 komentar:

  1. Mana sumber penelitian ilmiahnya? Atau ini sekedar copas saja tanpa pertanggung-jawaban ataa content nya?

    BalasHapus
  2. Mana sumber penelitian ilmiahnya? Atau ini sekedar copas saja tanpa pertanggung-jawaban ataa content nya?

    BalasHapus